Potensi eSport Bisa Hasilkan Jutaan Penonton
Game jadi satu pilihan beberapa orang untuk habiskan waktu luang. Dan industri game di dunia dapat disebutkan terus tumbuh per tahunnya seperti di Asia Pasific yang tumbuh 7,6% per tahun. Ini diimbangi dengan eSport global yang disebut permainan bersaing pada tingkat karieronal yang semakin naik setiap tahunnya.

Potensi eSport Bisa Hasilkan Jutaan Penonton

Posted on

Game jadi satu pilihan beberapa orang untuk habiskan waktu luang. Dan industri game di dunia dapat disebutkan terus tumbuh per tahunnya seperti di Asia Pasific yang tumbuh 7,6% per tahun. Ini diimbangi dengan eSport global yang disebut permainan bersaing pada tingkat karieronal yang semakin naik setiap tahunnya.

Presiden Indonesia eSports Premier League

Giring Ganesha menjelaskan bukan satu surprise jika eSport mulai bertumbuh sekarang ini. Banyak unsur yang memberi dukungan diantaranya sebab dapat mengganti customer dari game konsol ke game hp. Hingga semakin lebih gampang untuk mainkan game.

Disamping itu, mengganti dari bermain single player jadi multiplayer. Sebab saat ini untuk bermain multiplayer semakin gampang cuma memerlukan internet serta powerbank. Paling akhir ada perkembangan dari bermain ke melihat yakni beberapa anak jaman saat ini semakin senang tonton orang bermain game. Ujar Giring dalam acara Webinar Seri Bercakap Parekraf: Kekuatan Besar Industri Gaming Indonesia.

Hal itu dapat disaksikan dari diadakannya salah satunya moment eSport paling besar di Indonesia. Yakni Piala Presiden pada Oktober 2019 sampai Februari 2020. Tempat ini alami kenaikan sampai 24 juta pemirsa dibanding gelaran yang pertama yang cuma 18 juta pemirsa.

Piala Presiden alami kenaikan pendaftaran

Dari gelaran yang pertama yang cuma 13.000, pada gelaran ke-2 itu bertambah jadi 177.000 pendaftar. Ini menunjukkan eSport di Indonesia sudah bertumbuh, katanya.

Disamping itu, Indonesia memiliki atlet-atlet yang menang di pertandingan Asia seperti Rizky Faidan sebagai semifinalis. Dalam Kejuaraan Dunia game Pro Evolution Soccer (PES) bertopik PES League World Finals 2019. Ada pula Luxxy serta Zuxxy yang sukses jadi juara dunia PUBG dengan team Bigetron Red Aliens.

Di lain sisi, Direktur Industri Kreatif Film, Musik, serta Animasi Syaifullah menjelaskan satu data dari Newzoo di tahun 2020 ini. Mobile eSport dunia alami peningkatan pemirsa sampai 600% dari tahun 2019 serta bertumbuh cepat di Asia Tenggara, India serta Brasil. Ini diiringi dengan perkiraan revenue dari industri eSports tahun 2020. Yang bertambah 15,7% dari tahun 2019 serta capai angka US$ 1,1 Miliar.

Nah, ini jadi kesempatan buat rekan-rekan untuk buat ikuti kompetisi eSport. Disamping itu, ada pula live streaming yang membuat koneksi sosial kuat di antara pemirsa dengan streamer (olahragawan eSports), tutur Syaifullah.

Di lain sisi, Syaifullah menjelaskan eSport dapat juga mengangkat wisata negara sama seperti yang berlangsung di Rotterdam, Belanda. Pada sebuah moment eSport League of Legends European Championship. Yang berperan memberi penghasilan sekitar 2,4 juta Euro dalam tempo dua hari.

Ini 87% penontonnya tiba di luar Rotterdam seperti dari China, Peru, serta Korsel. Jadi ini dapat menarik demikian beberapa orang yang tiba. Serta ini jadi kesempatan buat Kemenparekraf untuk membuat moment-event semacam ini,” tambah Syaifullah.

Disamping itu, perkembangan eSport dunia dibantu dengan tambahan penghasilan sebesar USD 636,9 juta yang didapat dari sponsorship. Sayangnya, penghasilan dari yang lain seperti media, merchandise, dan penerbit/publisher fee masih berbeda dengan penghasilan dari sponsorship. Mengenai, ada data menarik pada jumlah pemirsa yang diperkirakan akan bertambah pada tahun 2023.

Perkembangan dari jumlah pemirsa

Diprediksikan di tahun 2023 ini ada perkembangan 646 juta pemirsa. Nah yang menarik ini berada di tahun 2020 itu ada 495 juta pemirsa bisa beralih. Sebab warga tidak keluar dari rumah dan salah satunya triknya dengan melihat eSport, ujarnya.

Untuk info, mengenai 5 eSport paling populer berdasar jam streaming yang dilihat di penjuru dunia. Yakni League of Legends, CS:GO, Dota 2 yang paling populer di Indonesia, Overwatch, dan AOV. Sedang untuk 5 game mobile Esport yang paling populer mencakup AOV, PUBG, Free Fire, Mobile Legends, serta Clash Royale.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *